7/04/2009

Betapa Kayanya Indonesia


Indonesia adalah negara kepulauan dengan lebih dari pulau dan lautnya yang biru. Bumi Indonesia merupakan negara megabiodiversity dengan memiliki 17% dari total spesies dunia, 37% dari jenis ikan di dunia, 10% dari spesies tanaman di dunia, 12% dari spesies mamalia, 16% spesies reptil dan amfibi, dan 17% spesies burung.
Untuk mamalia saja, Indonesia memiliki 457 spesies contohnya orang hutan, bekantan dsb. Yang menakjubkan banyak hewan endemik yang ada di Indonesia tetapi tidak ada ditempat lain. Diperkirakan jumlah hewan endemik mencapai 430 dari 2500 jenis burung dan 200 dari 500 jenis mamalia. Di antaranya adalah bekantan (Nasalis larvatys) di Kalimantan, Rangkong Sulawesi (Aceros cassidia).

Persebaran flora yang ada pun jauh dari homogen. Daerah yang terkaya adalah hutan hujan tropis Kalimantan dengan 34% dari 10.000 jenis tumbuhan berbiji yang tergolong endemik, dengan kata lain tumbuhan tersebut tidak ditemukan di daerah lain. Di Papua terdapat Pohon Matoa (Pometia pinnata) yang merupakan tumbuhan endemik.
Indonesia memang kaya akan keanekaragaman hayati. Akan tetapi Indonesia juga merupakan negara dengan daftar terpanjang dan terbanyak dari spesies yang terancam punah di dunia. Menurut International Union for the Conservation of Nature (IUCN) lebih dari 11 ribu spesies tanaman dan binatang di dunia terancam punah karna ulah manusia. Laju kepunahannya pun slalu meningkat. Oleh karna itu, hendaklah kita menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati yang kita miliki. Karna itu merupakan syarat mutlak untuk tetap berlangsungnya kehidupan makhluk hidup di dunia.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger