9/14/2009

Diabetes Melitus

Pada tubuh terdapat hormon insulin yang bertugas mengendalkian kadar gula dalam darah. Pada orang dewasa normal, kadar gula dalam darah berkisar antara 110mg/Dl-200mg/Dl. Jika gula dalah darah kadarnya melebihi angka tersebut maka dipastikan orang tersebut dikatakan menderita Diabetes Melitus. Akftivitas tubuhnya menjadi tergangu.
Mengapa hal tersebut terjadi? Mengapa kadar gula dalam darahnya dapat melebihi angka normal?

Salah satu penyebab adalah kelenjar penghasil insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karenanya, penderita Diabetes Melitus tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Tujuannya agar kadar gula dalam darah terkendali.
Macam-macam Diabetes Melitus diklasifikasikan dalam 4 kelompok berikut:
1. Diabetes Tipe I
Penderita mengalami kerusakan pada sel b pankreasnya
2. Diabetes Tipe II
Kemampuan insulin penderita menurun dan terjadi disfungsi sel beta. Akibatnya pankreas tidak mampu memproduksi insulin yang cukup.
3. Diabetes Melitus dalam kehamilan
Terjadi peningkatan resistance pada ibu hamil. Hal ini terjadi karena bayi mensekresi insulin lebih besar daripada sang ibu.
4. Diabetes tipe lain
Penderita mengalami hiberglikemia akibat kelainan genetik fungsi sel beta, endokrinopti, penggunaan obat yang menganggu kerja insulin dan sindroma genetik.

Penderita Diabetes Melitus perlu menjaga pola makananya. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan berhenti merokok, mengoptimalkan kadar kolesterol, menjaga berat tubuh yang stabil, mengontrol tekanan darah tinggi, dan melakukan olah raga teratur.

1 comments:

narti mengatakan...

artikel bagus, makasih sharingnya.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger