1/12/2010

Pembelajaran dibalik Presentasi Sejarah,,


Kemarin adalah hari pertama kami melakukan presentasi khusus untuk mata pelajaran Sejarah. Sebagai kelompok pertama yang tampil tentu itu bukan hal yang mudah. Ditambah dengan kesibukan kami masing-masing yang menuntut kami untuk menggunakan waktu secara efisien. Beranggotakan 6 orang kami mendapat materi pembagian zaman prasejarah berdasarkan geologi. Materi di buku tidak begitu lengkap sehingga kami harus mencari materi dari luar. Objek pertama yang akan kami tuju adalah Mbah Google. Bukan bermaksud pilih kasih tapiinternet adalah gudang segalanya. Mau cari artikel, gambar, atau video??? Semuanya ada..

Browsing di internet enggak memakan waktu lama. Tinggal ketik keyword dan google akan memberikan jawabannya. Buka satu halaman, setelah dilihat sekilas judulnya sesuai udah tinggal tekan Ctr+S. Begitu seterusnya. Wah enggak terasa udah dapat banyak. Tinggal cari gambar dan blogwalking deh... enggak lupa cek e-mail, Facebook, dan tentunya blog aku sendiri. Satu jam berlalu aku sudah dapat banyak artikel.

Sesampainya di rumah badan dah pegal-pegal setelah seharian sekolah. Tugas lain juga telah menunggu untuk diselesaikan. Mengenai artikel sejarah, aku memutuskan untuk melanjutkannya besok bersama teman-temanku. Waktu satu minggu memang cukup lama untuk membuat presentasi sejarah. Tapi masalah utama adalah mengumpulkan teman-teman yang memiliki jadwal berbeda. Dua orang temanku adalah calon paskibra jadi mereka punya kesibukan yang enggak bisa ditebak. Aku pun sibuk dengan ekskul Jurnalistik. Yah begitulah kami, SMA 1 bukan tempat bersantai.

Rencana awal kami akan berkumpul hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Namun mendadak 2 capas temanku harus mengikuti acara paskib pada hari Minggu. Rencana pun kami majukan mulai hari Kamis. Pagi harinya aku berfikir rencana kami tidak akan menjadi masalah. Namun salah seorang temanku harus pergi ke Surabaya karena ayahnya sakit. Kami mengerti hal itu dan mendoakan ayahnya agar cepat sembuh dan ia bisa segera kembali ke Mataram. Sore pun tiba,kami berjanji berkumpul di rumahku. Siang yang cerah ternyata harus diguyur hujan. Tak tanggung-tanggung hujannya cukup lebat. Alhasil pertemuan kami harus dibatalkan.

Jumat tepat 3 hari sebelum presentasi Sejarah. Tugas kami belum selesai bahkan belum dimulai. Kami memutuskan untuk mengerjakannya di sekolah dikarenakan cuaca yang buruk. Sayangnya kami lupa membawa laptop. Hambatan ternyata ga berhenti juga. Temanku akhirnya harus pulang dahulu untuk mengambil laptop. Siang itu kami mengerjakannya di sekolah sampai siang.

Esoknya kami berusaha mencuri waktu untuk melanjutkan tugas. Syukurnya keberuntungan memilih kami salah satu guruku tidak masuk dan ia meninggalkan kelas. Nah itu adalah kesempatan emas yang ga bakal kami sia-siakan. Oh ya ada satu hal yang lupa aku ceritakan. Masih ingat dengan cara aku browsing materi yang cuma lihat judul dan langsung save web complete??? Semua hal yang aku lakukan percuma karena sebagian besar yang kudapat sama persis. Mungkin hanya ada dua artikel dari belasan artikel yang kudapat. Ternyata semua artikel tersebut hasil copas. Bahkan titik komanya pun sama. Ini sebuah pelajaran bagi aku yang juga punya sebuah blog. Men-copas artikel orang ga baik, karena kasihan mereka yang sudah berusaha keras membuatnya. Dan satu hal lagi aku sudah merasakan kerugian mendapat artikel yang ternyata sama semua. Ya udah ga usah dipikirin lagi, copas kan juga salah satu usaha jadi bukan sepenuhnya salah si empunya. Aku juga yang kurang teliti.

Kembali pada tugas kami, hari Senin akhirnya datang juga. Setelah seharian kemarin belajar dan mempersiapkan diri kami yakin kami mampu. Temanku pun sudah pulang dari Surabaya sehingga lengkap sudah kelompok kami. Walaupun ada sedikit kekhawatiran, karena biasanya teman-teman kami akan memborbardir kami dengan setumpuk pertanyaan. Hal yang mendebarkan adalah kami tidak boleh membawa buku. Listrik pun sering mati kami khawatir tidak bisa menampilkan slide kami. Benar dugaanku saat pelajran jam terakhir Sejarah tiba-tiba listrik mati. Uh, akhirnya temanku hanya membacakannya pada teman-teman. Sampailah pada sesi tanya jawab. Beberapa temanku mengangkat tangan. Alhamdulillah kami dapat menjawabnya walaupun sedikit kesulitan. Pertanyaan terakhir pun dapat aku siasati karena aku mengatakan pertanyaannya di luar materi kami. Bu Guru pun setuju, soal ciri-ciri manusia purba pun tak kami jawab.

Selesai juga presentasi, kami dengan demikian tugas kami pun selesai. Kami hanya perlu melihat penampilan kelompok lain. Dan tentunya memborbardir mereka dengan setumpuk pertanyaan...

3 comments:

gambutku mengatakan...

musim tugas ya.:D

gambutku mengatakan...

blogwalking. please visit back.
shoutmix is change.:D

Isti Sofiyah mengatakan...

hmmm,, iya..
mggu ini bkal jadi mggu ulangan jg,,

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger