6/08/2011

Budaya Sasak " Tari Gandrung dan Perisaian"

Tari tradisional asal Lombok apa aja sih... Mungkin banyak dari kita yang belum tau. Klo gitu aku kasih tau deh tentang Tari Gandrung dan Perisaian. Walaupun hanya sedikit yang aku tau, tapi cukuplah untuk mengenal kesenian suku Sasak ini. Semula saya juga tidak tau apapun tapi berhubung kami menampilkannya dalam pentas seni, setidaknya kami bisa mengenal apa itu Tari Gandrung dan Perisaian. Check it out!!!


Tari Gandrung acapkali ditampilkan dalam berbagai acara seperti acara adat maupun acara formal lainnya. Pakainnya yang meriah menarik hati para penonton. Apalagi dalam tarian ini ada waktu di mana sang penari menepek(menyentuh penonton dengan kipas). Wah jadi seru deh acara-acara dengan adanya Tari Gandrung. Penonton juga ikut terlibat dalam pentas. Penonton yang ditepek akan menari dan berjoged dengan pasangannya. Asik bukan???

Tari Gandrung ga hanya ada di Lombok tapi juga ada di Banyuwangi, dan Bali. Asal mula tari Gandrung Lombok diperkirakan berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Mengenai penyebarannya belum diketahui secara pasti. Tapi Tari Gandrung ini sudah menjadi kesenian khas Lombok.. Salah satu yang menjadi ciri khas dari pakaian tari Gandrung adalah "gegelung" yaitu hiasan penutup kepala yang permukaan luar bagian belakangnya dipenuhi bunga kamboja.

Lanjut nih ke Perisaian,, klo tari yang satu ini wah butuh tenaga dan keberanian. Buat yang ngaku cowok sejati silahkan mencoba. Penarinya terdiri atas 2 orang yang disebut pepadu. Mereka bersenjatakan tongkat rotan (penjalin) dan berperisai kulit kerbau tebal dan keras(ende). Tapi tenang saja untungnya ada wasit atau pekembar yang mengawasi jalannya pertarung.

Oh ya ada yang bilang Perisaian bisa mendatangkan hujan. Benar atau tidak yang jelas saat kami melakukan Pensi(Pentas seni) di SMAN 1 Mataram pada 2 Mei 2011 kemarin. Di akhir penampilan kelas turun hujan. Walaupun hanya gerimis.Untuk menjadi peserta tidak perlu persiapan khusus. Hanya disediakan penjalin dan ende saja. Asal ada lawan dan keberanian maka dimulailah Perisaian.

Lebih lanjut tentang Perisaian. Perisaian dahulunya digunakan sebagai luapan emosi para prajurit setelah berperang. Wow kerenn.. Walaupun bersimbah darah mereka tetap senang dan gembira. Tenang saja ada aturan kok dalam Perisaian ini seperti tidak memukul bagian bawah(kaki, paha, selangkangan)

Klo mau tau lebih lanjut silahkan kunjungi situs berikut;

NB: Gambar diatas merupakan penampilan kami saat PENSI jadi mungkin ada kekurangan...




0 comments:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger